Dulu sewaktu menjadi mahasiswa banyak sahabat menyarani saya untuk menulis. Dia bilang, “menulis itu punya banyak keuntungan, salah satunya yang paling sederhana menulis akan memudahkan kamu dalam mengerjakan tugas kuliah”, lanjutnya. Sejenak saya berfikir dan merenungkan saran sahabatku tadi. Perlahan aku mulai menerima alasan temanku. “Ya juga yah”, bisikku dalam hati sambil menganggukkan kepala.

Saya pun mulai berkeinginan untuk belajar menulis. Tak lama kemudian temanku melanjutkan pembicaraannya yang sejenak terhenti seakan memberikanku waktu berfikir. Ia melanjutkan pembicaraannya, “selain itu, kamu bisa dapat keuntungan”, Imbuhnya.

“Kamu bisa mengirimkan tulisanmu ke berbagai media, dari situ kamu dapat reward”. Lanjutnya. Akupun mulai tambah semangat untuk menulis. Perlahan aku mulai mengingat masa lalu saya. “Yah, aku pernah belajar jurnalistik sewaktu Aliyah (SMA). Kenapa potensi itu nggak aku memaksimalkan? tanyaku dalam benak. Bersambung….